Sabtu, 05 September 2009

LAMBANG DEPARTEMEN PERTANIAN

1. LAMBANG :

Adalah suatu indentitas yang dapat menjadi kebanggaan dan menjadi pemersatu sekaligus memupuk jiwa korsa dari pada Pegawai dalam lingkungan Departemen Pertanian.

2. BENTUK DAN MACAMNYA :

2.1. Gambar Tunas berdaun lima lembar, dalam satu ikatan dahan diatas permukaan air/tanah.

2.2. Gambar Tunas tersebut nomor 2.1. diatas berada dalam suatu lingkaran.

2.3. Lingkaran tersebut noor 2.2. diatas berada dalam lingkaran yang bersudut/berujung lima buah, melambangkan Panca Departemen Pertanian

3. UKURAN DAN WARNA :

3.1. Untuk Panji Berukuran : 100 x 75 cm. Lambang dibuat sedemikian rupa perbandingannya dengan jarak antara ujung tunas dengan lingkaran dan lingkaran yang bersudut

3.2. Untuk Vandel berbentuk segi tiga yang berukuran sisi atas 15 cm sisi samping keduanya adalah 30 cm, Lambang ditempatkan ditengah-tengah sedemikian rupa sehingga mempunyai jarak antara tunas dan lingkaran adalah 1 cm, dan antara lingkaran dengan yang bersusun lima buah juga 1 cm. Dibawah/diatas lambang dalam bentuk horizontal dengan jarak 3 cm, bertuliskan DEPARTEMEN PERTANIAN.

3.3. Untuk Plaque berbentuk segi empat dengan ukuran 15 x 21 cm. Lambang ditempatkan tepat ditengah-tengah plaque, dan dibawah lambang dengan jarak 2 cm, bertuliskan DEPARTEMEN PERTANIAN.

3.4. Bentuk lain disesuaikan perbandingannya dengan ukuran yang dikehendaki, namun diatur sedemikian rupa bahwa lambang selalu harus berada tepat ditengah-tengah.

3.5. Warna dasar baik panji maupun, adalah “KUNING EMAS” warna lambang terdiri dari :

3.5.1. Tunas berwarna hijau muda.

3.5.2. Lingkaran berwarna merah.

3.5.3. Air berwarna biru muda.

3.5.4. Lingkaran yang bersudut lima, berwarna coklat.

3.5.5. Tulisan DEPARTEMEN PERTANIAN, berwarna hijau muda.

4. ARTI DARI PADA WARNA DAN BENTUK :

4.1. Tunas menggambarkan pengertian Biologis dari pada seluruh kegiatan yang dikelola oleh Departemen Pertanian, kecuali manusia, sebagai benda hidup. Warna hijau muda melambangkan pengertian kehidupan.

4.2. Lingkaran berwarna merah, melambangkan pengertian kesatuan.

4.3. Lingkaran yang bersudut lima buah berwarna coklat, melambangkan pengertian dari pada unsur pelaksana utama (tugas-tugas pokok Departemen Pertanian).

4.4. Warna dasar baik untuk Panji, maupun Vandel, serta bentuk lainnya adalah “KUNING EMAS” sebagai lambang kemegahan.

4.5. Air berwarna biru muda, mempunyai pengertian sebagai lambang keagungan.

4.6. Tulisan DEPARTEMEN PERTANIAN, berwarna Putih/Hijau daun.

5.

GAMBAR LAMBANG :










1.Fisiologi merupakan cabang dari ilmu biologi yang memepelajari objek spesifik mahluk hidup dari sudut pandang struktur dan fungsinya. Secara terminologis istilah fisiologi berasal dari kata bahasa Yunani yaitu physis (alam, pekerjaan, atau sifat) dan logos (cerita, atau ilmu). Jadi, secara garis besar fisiologi adalah ilmu yang mempelajari fungsi mekanik, fisik, dan biokimia dari makhluk hidup.

2.

Ilmu bologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan. Yang dibahas dalam ilmu biologi tidak lain adalah yang masih berkaitan dengan makhluk hidup, seperti zat yang membentuk makhluk hidup, zat yang dibutuhkan makhluk hidup, serta berbagai hal mengenai hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Ilmu biologi dirintis oleh Aristoteles yang merupakan ilmuwan berkebangsaan Yunani yang kita sebut juga sebagai bapak perintis biologi.

Ilmu Biologi sangat berpengaruh dan berguna bagi kehidupan manusia. Biologi banyak digunakan untuk berbagai bidang kehidupan seperti pertanian, peternakan, perikanan, kedokteran, dan lain sebagainya.


Kimia (dari bahasa Arab كيمياء "seni transformasi" dan bahasa Yunani χημεία khemeia "alkimia") adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom.



Fisika
teori mempelajari dan mengembangkan fisika dengan menggunakan
prinsip-prinsip dasar yang telah diketahui, dibantu matematika dan
komputer; dan memprediksikan hal-hal baru yang dapat diuji melalui
eksperimen/pengamatan, atau menjelaskan fenomena ini hasil
eksperimen/pengamatan.




  • AGRONOMI (Agros = lahan, field
    Nomos = pengelolaan)
    ? Ilmu yang mempelajari cara pengelolaan
    tanaman pertanian di sebidang lahan
    guna mendapatkan hasil yang lebih
    tinggi untuk keperluan umat manusia


Pada prinsipnya pengertian agribisnis adalah merupakan usaha komersial (bisnis) di bidang pertanian (dalam arti luas) dan bidang-bidang yang berkaitan langsung dengan pertanian tersebut. Bidang-bidang yang berkaitan itu adalah sbb: 1) usaha produksi dan distribusi alat-alat/mesin pertanian, sarana produksi pertanian dan input pertanian lainnya (agroindustri hulu), 2) pengolahan dan manufakturing hasil pertanian serta pemasarannya (agroindustri hilir), 3) kegiatan penunjang seperti penyediaan kredit, asuransi pertanian, pelatihan, konsultasi dan transportasi. Pengertian ini sejalan dengan yang dikemukakan oleh Davis & Goldberg, dalam bukunya A Conception of Agribusiness tahun 1957. Dia mendefinisikan agribisnis sebagai penjumlahan semua kegiatan yang berkecimpung dalam pabrik dan distribusi alat-alat maupun bahan untuk pertanian, kegiatan produksi pertanian, pengolahan, penyimpanan dan distribusi komoditas pertanian atau barang-barang yang dihasilkan (Masyhuri, 2002). Agribisnis sebagai suatu system dapat dibagi beberapa subsistem yaitu subsistem input pertanian, usaha pertanian, pengolahan, pemasaran dan penunjang. Subsistem usahatani/pertanian sering disebut of farm sedang subsistem lainnya disebut off-farm.


B2P2 = Ar= B=5 P=15

Mr=40


1. Unsur-unsur Biotik

Unsur biotik adalah unsur yang terdapat dalam lingkungan hidup untuk media saling berhubungan seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur biotik sangat berpengaruh bagi kehidupan kita karena kalau tidak ada unsur biotik maka kita tidak bisa berkembang biak secara sempurna.

2. Unsur-unsur Abiotik

Unsur abiotik adalah unsur yang terdapat dalam lingkungan hidup untuk media berlangsungnya kehidupan seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan lain-lain. Unsur abiotik juga berpengaruh bagi kehidupan karena unsur abiotiklah kebutuhan utama dalam berlangsungnya kehidupan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar